Jangan Biarkan Kami (Pencak Silat) Tenggelam di tanah kami sendiri.

blogger templates

Pencak Silat, sebuah seni beladiri asal indonesia yang begitu banyak ragam bentuk dan khasnya. Sudah dikenal sampai ke seluruh belahan dunia. Sebuah seni beladiri yang memiliki begitu banyak nilau luhur yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, bangsa, dan negara. Sebuah kebudayaan yang begitu dihargai di negeri orang namun kurang diperhatikan di negeri sendiri.
Budaya khususnya Pencak Silat memiliki andil yang cukup besar dalam perjalanan sebuah bangsa, tidak dapat dipungkiri melalui sebuah budaya suatu bangsa dapat menjalin hubungan dengan bangsa lain. Seperti halnya melakukan pendekatan hubungan antar bangsa dengan pertukaran budaya. Bangsuntuk dimana lain dapat menjadikan budaya mereka sebagai sesuatu hal yang sangat berharga mata dunia dan negerinya sendiri mengapa kita (Indonesia) sulit sekali. Korea dengan Taekwondonya bisa menjadikan olah raga tradisionalnya untuk mengangkat nama bangsanya sehingga mereka sejajar dengan bangsa - bangsa lainnya.

Banyak kalangan yang berpendapat budaya indonesia dapat dilestarikan namun  tetap dengan pakem aslinya itu artinya mereka memproteksi system budaya dengan tradisi yang mereka pegang dan tidak jarang menutup dirinya dari dunia luar. Jika ingin budaya kita berkembang dan lestari maka metode semacam itu tidak bisa terus dipertahankan. Maka dialogkanlah budaya kita (Pencak Silat) ke dunia luar untuk dapat dimanfaatkan kedalam kehidupan, itu lah cara yang benar sehingga orang - orang secara sendirinya ia merasa terpanggil untuk melindungi budaya ini dan terus meregenerasi dan tak akan pernah tenggelam.

Mari kita sebagai insan dan sebagai bangsa yang besar jangan biarkan budaya kita tenggelam termakan waktu di tanah kelahirannya sendiri #SaveOurHeritage #SavePencakSilat

0 Response to "Jangan Biarkan Kami (Pencak Silat) Tenggelam di tanah kami sendiri."

Post a Comment

Mari kita lestarikan Pencak Silat sebagai Budaya Kebanggan bangsa kita. Jangan Sampai punah di tanah kelahiran sendiri.