Sebuah Nilai Maha Tinggi Dalam Sebuah Gerakan Berseni Mematikan

blogger templates
Pencak Silat adalah sebuah seni beladiri tradisional asal indonesia. Butuh konsentrasi yang baik untuk mempelajarinya bahkan perlu rasa yang dalam untuk memahaminya. Pencak silat bukan hanya ilmu beladiri semata, di dalamnya kaya akan berbagai filosofi yang dapat diterapkan di kehidupan kita sehari hari sebagai manusia. Pencak Silat bukan hanya berbicara bagai mana menjatuhkan lawan namun bagai mana kita mengendalikan diri kita untuk menjatuhkan lawan / rintangan dengan cara yang benar bukan hanya sekedar dengan kekerasan. Tetapi akhlak dan sendi - sendi pencak silatlah yang harus kita pegang dan kita pahami supaya kita benar - benar paham bukan sekedar bertindak tanpa tau makna sebenarnya. Dalam Pencak Silat ada namanya jurus dasar hal ini sangat penting karena segala sesuatu tanpa kita punya dan mengetahui sebuah dasar maka hal tersebut akan sia - sia. Ada yang menyatakan Falsafah dari Jurus adalah ( Jujur Dan Lurus) dengan sebuah penjelasa sebagai berikut :

  • Jujur, seorang Pendekar dituntut Jujur dalam perkataan dan perbuatan,berani mengakui kesalahan dan menegakkan kebenaran.
  • LuRus seorang Pendekar hars berprilaku lurus dalam menjalani tatanan kehidupan.

Bila seseorang Pendekar sudah mengerti makna dan Tujuan jurus maka akan menjadi terasah kepekaan dirinya yaitu yg di namakan Olah Rasa. Dari Rasa yg telah terolah akan muncul suatu kepercayaan diri yg kuat dan dapat memahami apa itu Hidup,makna hidup,dan Tujuan Hidup.Kalau Pencak Silat terus di gali akan maknanya maka akan kita temukan pelajaran yg Luhur yg merupakan warisan falsafah dari para
Leluhur kita. Oleh sebab itu marilah kita lestarikan warisan yang Luhur ini agar bisa mendidik anak cucu kita agar berbudi pekerti yg luhur.

0 Response to "Sebuah Nilai Maha Tinggi Dalam Sebuah Gerakan Berseni Mematikan "

Post a Comment

Mari kita lestarikan Pencak Silat sebagai Budaya Kebanggan bangsa kita. Jangan Sampai punah di tanah kelahiran sendiri.